5 Tips Ini Wajib Kamu Baca Sebelum Mendaftarkan Nama Domain

nama domain

Bagi sebagian orang mungkin nama domain tidak terlalu penting, tapi sebagian lainnya menganggap bahwa nama domain yang bagus memiliki banyak keuntungan. Selain bisa mendatangkan lebih banyak traffic, nama domain yang bagus juga akan mudah diingat oleh orang.

Mencari nama domain memang bukan perkara yang mudah. Terkadang ketika kita telah menemukan nama domain yang bagus ternyata telah digunakan oleh orang lain atau perusahaan. Faktanya, orang lebih banyak menghabiskan waktunya hanya untuk mencari nama domain dibandingkan membuat sebuah desain web. Berikut adalah 5 tips yang harus diperhatikan sebelum mendaftarkan nama domain.

1. Branding

Branding adalah salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Setiap perusahaan sudah pasti memiliki brand/merek yang diwakili oleh nama, logo, warna, dan identitas visual. Tapi belum tentu semua perusahaan memiliki brand awareness. Brand awareness mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengingat dan mengenali sebuah merek dari suatu perusahaan dalam kondisi yang berbeda.

Jika kita ingin memiliki brand awareness yang kuat, maka pemilihan nama domain yang tepat sangatlah diperlukan. Hal ini untuk memudahkan orang menemukan dan berhubungan dengan kita.

2. Ekstensi

Setelah yakin dengan nama domain yang akan kita daftarkan, langkah selanjutnya adalah memilih ekstensi yang ingin digunakan. Ada banyak sekali jenis ekstensi domain, tapi hanya ada 3 yang cukup populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia, yaitu .com, .net, dan .org.

.com atau .net cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan profesional, sedangkan .org biasa digunakan oleh lembaga/organisasi (profit atau non profit).

3. Lokasi

Selain ekstensi domain, lokasi merupakan faktor lain yang harus dipertimbangkan. Biasnya ini tergantung pada tujuan bisnis, market, audiens, dan mungkin perilaku pengguna. Perusahaan lokal di Indonesia biasanya akan menggunakan domain dengan ekstensi .co.id atau .id sebagai identitas yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut berasal dari Indonesia. Kenapa disebut identitas? Karena tidak semua orang bisa mendaftarkan ekstensi domain .co.id atau .id dengan bebas, tetapi harus menggunakan izin atau melalui prosedur tertentu. Semua negara juga pasti memiliki ekstensi domainnya masing-masing.

4. Legalitas/hukum

Setalah dirasa menemukan nama domain yang cocok, jangan terburu-buru untuk membelinya. Kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa nama domain tersebut tidak akan menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. Pastikan bahwa nama domain tidak sama atau sedang digunakan oleh perusahaan/organisasi yang sudah ada.

5. WHOIS

Banyak yang mengatakan bahwa mendaftarkan nama domain dibawah layanan WHOIS itu berbahaya. Meskipun sepertinya layanan WHOIS ini berguna untuk menyembunyikan informasi kontak kita, tapi sebenarnya secara tidak langsung kita juga telah memberikan semua rincian informasi lengkap kita kepada mereka.

Jadi, jika ingin benar-benar melindungi privasi, sebaiknya jangan menggunakan layanan WHOIS.

Itulah 5 tips yang harus diperhatikan sebelum memilih nama domain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *