Bandwidth Throttling, Apakah Itu?

family-on-multiple-wifi-devices

 

Bandwidth throttling adalah proses melambatkan kecepatan/bandwidth internet dengan sengaja. Bandwidth throttling dapat terjadi saat transfer data antar perangkat maupun antara perangkat dengan website di internet yang sedang dibuka.

Mengapa Melakukan Bandwidth Throttling?

Anda sebagai pengguna internet tidak banyak merasakan manfaat dari bandwidth throttling. Mudahnya, melakukan bandwidth throttling akan membatasi kecepatan internet yang digunakan.

Perusahaan provider internet yang menghubungkan Anda dengan internet sangat terbantu dengan adanya bandwidth throttling.

Sebagai contoh, ISP (provider internet) terkadang melakukan bandwidth throttling pada saat lalu-lintas data sedang sangat padat, mengurangi jumlah data yang harus diproses dari tiap sumber dalam satu waktu, sehingga kemacetan lalu-lintas data dapat berkurang dan lalu-lintas data tetap lancar.

Walaupun masih kontroversial, ISP juga kadang-kadang melakukan bandwidth throttling hanya terhadap lalu-lintas data ke atau dari sumber tertentu. Sebagai contoh, ISP melakukan bandwidth throttling pada pengguna hanya pada saat pengguna tersebut men-download sejumlah besar data dari Netflix atau meng-upload data ke jaringan torrent.

Selain di ISP, bandwidth throttling juga dapat dilakukan dalam jaringan lokal, di dalam jaringan kantor misalnya. Misalnya, kecepatan akses internet kantor Anda menggunakan komputer pegawai dibatasi hanya sekian Kbps, walaupun kecepatan internet kantor sesungguhnya dapat mencapai lima kali lipat lebih. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar lalu-lintas data di kantor tersebut tetap lancar.

Contoh lain, jaringan di layanan Massively Multiplayer Online Game (MMOG) mungkin akan melakukan bandwidth throttling sewaktu-waktu untuk mencegah agar server tidak overload dan crash.

Bagaimana Mengetahui Jika Bandwidth Anda Dibatasi?

Jika Anda curiga bahwa ISP Anda melakukan bandwidth throttling, cobalah lakukan pengetesan kecepatan menggunakan layanan semacam SpeedTest. Jika grafik bandwidth mula-mula besar lalu tiba-tiba turun drastis, mungkin kecepatan sambungan internet Anda memang sedang dibatasi. Namun, ada juga jenis bandwidth throttling yang sulit dites.

Adakah Cara Untuk Menghindari Bandwidth Throttling?

Layanan Virtual Private Network atau VPN sering berguna untuk mem-bypass bandwidth throttling, terutama jika pihak ISP yang melakukan throttling.

Layanan VPN akan menyembunyikan traffic apa yang sedang mengalir di sambungan internet Anda. Sebagai contoh, aliran data dari Netflix ke komputer Anda tidak akan dikenali oleh ISP, sehingga pihak ISP tidak melakukan throttling karena tidak mendeteksi transfer data dari Netflix. Namun, VPN mungkin tidak akan berguna jika Anda mengakses internet dari kantor karena sangat mungkin Anda tidak diperbolehkan menggunakan VPN di kantor Anda, atau mengakses jaringan tertentu seperti layanan cloud karena tempat itu dapat menentukan seberapa cepat ia menerima atau mengirim data ke komputer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *