Begini Cara Memaksimalkan Link Building

Link-Building

Blog link love adalah suatu hal yang selalu diimpikan oleh para blogger, namun banyak yang masih belum terlalu paham bagaimana caranya. Begini caranya agar usahamu untuk melakukan link building berhasil.

Link building sangat penting dilakukan jika kamu ingin melihat kenaikan drastis pada ranking blogmu di search engine. SEO penting, tentunya, oleh karena itu penting untuk tetap familiar dengan keyword dan teman-temannya. Tapi kenyataannya, banyak blogger dan bisnis yang tidak sabar ketika harus membuat konten yang baik menurut sudut pandang SEO, atau, mereka tidak mengerti cara kerja SEO sejak awal sehingga kehilangan peluang untuk itu.

SEO itu penting, namun yang jauh lebih penting adalah ketika blogmu menerima link dari sumber yang terpercaya dan kredibel. Setiap kali kamu menerima “link” yang kredibel kamu mendapatkan permintaan untuk “vote” positif. Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! Menghitung jumlah vote dan kemudian menempatkanmu ke dalam jajaran ranking di mesin pencari berdasarkan berbagai perhitungan, termasuk sebanyak apa “vote” (atau backlinks) positif yang diterima blogmu.

Pertanyaannya sekarang: bagaimana kamu akan mendapatkan link? Bahkan bagaimana cara membuat orang lain menemukan blogmu? Begini caranya mulai:

  1. Buat Konten yang Berkualitas

Ada banyak sekali blog dan artikel yang ditulis dengan buruk di luar sana. Jika kamu ingin orang lain memberikan link untuk blogmu, kamu harus membuat konten yang benar-benar memiliki kualitas dan bermanfaat untuk orang lain. Membuat postingan yang tidak berguna tidak akan membuatmu kemana-mana. Sebagai tambahannya, ide bagus untuk melirik beberapa blog di sekitar yang menurutmu keren dan lihat seperti apa struktur blog mereka. Berapa banyak kata yang digunakan setiap kali blog entry? Apakah ada strategi penempatan keyword yang bisa kamu amati?

  1. Berpartisipasi dalam Blog Lain

Ingin backlinks yang berkualitas? Maka bergaulah di tempat blogger berkumpul. Ketika kamu mengunjungi blog lain dalam lingkaranmu, jangan hanya mengamati percakapan yang terjadi, bergabunglah! Pastikan kamu berpartisipasi dan berkontribusi dengan memberikan komentar dan informasi yang bermanfaat. Jika kamu sudah menjawab pertanyaan dalam blog entry sebelumnya, berikan mereka link! Selalu berikan backlink ke blogmu. Bahkan jika memungkinkan, jadikan link blogmu seperti signature di setiap forum, dan email.

  1. Guest Blog

Guest blogging adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink dan mendapatkan traffic yang fresh ke dalam blogmu. Hubungi pemilik blog dan ajukan dirimu sebagai blogger tamu dan berikan ide blog yang akan memberikan value bagi pembacanya. Mungkin saja mereka akan mengapresiasi tawaranmu dan memberikan kesempatan untuk menjadi guest blog, siapa tahu? Mereka bisa menawarkan hal yang sama sebagai gantinya.

  1. Buat Testimoni untuk Software dan Services

Salah satu metode yang sering terlupakan oleh para blogger adalah menuliskan testimoni untuk produk dan servis yang telah mereka pakai. Kebanyakan perusahaan akan memberikan backlink ke blogmu dengan tujuan untuk membuktkan bahwa testimonimu kredibel dan sah. Kamu mendapat keuntungan sebuah backlink, dan mereka juga diuntungkan dengan testimoni user yang akan membantu mereka dalam penjualan produk dan servis.

  1. Tuliskan Event Terkait

Apakah akan ada acara atau event yang diselenggarakan dan berhubungan dengan lingkaran pergaulanmu, mengapa tidak dipromosikan? Mempromosikan event ke dalam blogmu akan memberikanmu traffic yang tinggi. Kamu juga bisa mempromosikan lewat servis pihak ketiga, pastikan kamu memberikan backlink ke blogmu yang memuat tentang detail event tersebut. Gunakan layanan pihak ketiga sebagai umpan agar orang lain tertarik, dan redirect mereka ke blogmu untuk informasi selengkapnya.

  1. Manfaatkan Konten Bersponsor

Kamu pasti sering mengunjungi berbagai website dan newsletter dari komunitas bloggermu. Kamu bisa mencoba menghubungi beberapa di antara mereka dan membeli space iklan atau berkontribusi dalam penulisan konten? Ketika menuliskan artikel di sana, pastikan bio atau credit tentang dirimu mencantumkan link menuju blogmu.

  1. Selalu Berterimakasih

Salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan adalah berterimakasih kepada siapapun yang telah memberikan backlink padamu. Jika kamu telah lama menjadi blogger, kamu pasti tahu bahwa akan ada banyak yang datang dan pergi dalam blogosphere ini, jadi ketika kamu membantu seorang blogger, maka mereka kemungkinannya juga akan membantumu. Menunjukkan bahwa kamu mengapresiasi setiap orang yang membantu akan secara otomatis membangun komunitas blogger untuk bisa berbagi informasi di kemudian hari.

Mempelajari strategi link building tak sesulit yang disangka. Dengan mengetahui tujuh poin di atas sudah cukup menjadi bekal untuk mengoptimalkan ranking blogmu dalam mesin pencari. Butuh webhosting service yang berkualitas dan terjangkau? Idwebhost adalah solusinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *