CMS yang Kamu Pakai Punya 5 Fitur Ini?

CMS

CMS (Content Management System) merupakan sebuah aplikasi web atau software yang memudahkan untuk melakukan pengelolaan (tambah, edit, upload) konten dalam sebuah website/blog. Dalam dunia blogging, CMS adalah salah satu andalan untuk membangun sebuah blog dengan mudah.

Fleksibilitas inilah yang membuat CMS berkembang sangat pesat dan banyak dikembangkan oleh berbagai pihak. Saat ini, ada banyak sekali jenis CMS yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Tetapi, sebelum memilih CMS yang akan digunakan, pastikan CMS tersebut memiliki 5 fitur berikut ini.

1. Fleksibilitas

Tidak peduli seberapa jauh kita berpikir, perkembangan dan kebutuhan website untuk bisnis akan terus meningkat. Itulah sebabnya kita membutuhkan CMS yang tidak hanya bagus tetapi juga fleksibel. CMS yang tidak fleksibel akan menyebabkan banyak masalah dikemudian hari.

Selain itu, platform CMS yang fleksibel akan lebih hemat biaya dalam hal pengembangan. Fleksibel disini artinya bisa dikembangkan sesuai kebutuhan, serta memiliki dukungan untuk plugin, widget, dan aplikasi.

2. Open source

Software open source membawa pengembangan yang lebih jauh dari poin tunggal dan membawa kekuatan bagi komunitas. Ciri dari CMS yang modern adalah up-to-date, fresh, dan powerful. Komunitas yang kuat, di mana semua orang mengambil bagian dalam desain, pengembangan dan dukungan untuk platform itu sendiri.

Meskipun terkadang software open source selalu memiliki pro dan kontra, tetapi yang pasti CMS open source jauh lebih unggul dalam hal dukungan dan basis komunitas yang kuat.

3. Kontrol

Dalam banyak hal, ini adalah fitur yang paling penting dari setiap CMS modern. CMS modern harus memiliki kontrol yang baik untuk menipulasi konten. Berikut adalah beberapa fitur yang harus ada dalam sebuah CMS:

Quick publishing

Akses kode HTML dari template

Editing struktur URL

– Konten dan desain

4. Customizability

Customizability berkaitan dengan bagaimana suatu platform bisa menyesuaikan dengan keinginan kita. Plugin, widget, aplikasi, komponen, kontrol, dan yang lainnya tersedia untuk memenuhi kebutuhan kita. Jika kita tidak menemukan apa yang kita butuhkan, kita juga bisa membuat ekstensi sendiri.

Kita harus bisa memilih tema, desain, atau template untuk website, dan juga bisa memodifikasi atau menghapus sesuai keinginan.

5. Keamanan

Ini adalah faktor penting yang harus dimiliki oleh semua CMS saat ini. Jadi jangan hanya memilih CMS yang terlihat bagus dan memiliki fitur lengkap saja, tetapi didalamnya memiliki celah keamanan yang berbahaya. Hal ini tentu akan sangat beresiko untuk kelangsungan website kita.

CMS yang ada saat ini memiliki dua jenis lisensi yaitu berbayar dan open source. Sistem berbasis open source masih banyak dipilih oleh common user hingga perusahaan ber-skala kecil untuk menekan pengeluaran. Namun, layaknya pedang bermata dua, sistem berbasis open source memilik isisi lain yang merugikan yakni masalah keamanannya.

Itulah 5 fitur yang minimal harus ada dan dimiliki platform CMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *