Jejaring Sosial Menggunakan Google+, Apa dan Bagaimana?

google+

Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter tumbuh secara eksponensial, jika kita tidak mennggunakannya itu berarti kita ketinggalan jaman atau kalau istilah anak muda sekarang kurang update, yang terbaru saat-saat ini adalah Google+, ada beberapa pertanyaan untuk ini, apakah itu layak atau tidak? Satu hal yang pasti disini adalah pengguna lebih tertarik menggunakan Google+ dibandingkan produk sebelumnya, seperti Google Wave dan Buzz.

Jejaring Sosial Eksklusif

Pada awalnya, tidak sembarang orang bisa mendaftar Google+. Sebelum kita log in dan mulai melihat postingan orang kita harus menunggu undangan dari Google atau orang yang sudah mempunyai Google+ sebelumnya.

Satu hal unik adalah kita dapat menempatkan teman dalam kelompok-kelompok tertentu, sehingga hanya orang-orang tertentu yang dapat melihat postingan tententu yang telah kita buat. Sebenarnya Facebook juga, akan tetapi prosesnya sedikit rumit bagi sebagian besar pengguna jejaring sosial, dengan Google+ kita dapat membuat “Circle/Lingkaran” atau Kelompok.

Konsep dasar dibalik fitur ini adalah bahwa tidak semua orang yang menjadi teman kita di Google+ memiliki kepentingan yang sama persis dengan kita. Misalnya saja, teman kita mungkin tidak punya minat untuk mengetahui apa yang sedang kita lakukan pada hari ini, akan tetapi mereka ingin bisa mengetahui tentang masalah atau gangguan yang kita punya di tempat kerja. Untuk menempatkan pengguna G+ ke dalam lingkaran, kita hanya perlu mengambil “nametag” dan drag ke lingkaran. Sangat sederhana.

Banyak yang berpendapat bahwa fitur ini jauh lebih fungsional dan user friendly daripada Facebook, karena pengaturan group di Facebook sendiri sedikit terbatas, dengan G+ ini kita bisa memanfaatkan fitur “Circle” sehingga lebih mudah.

Apakah yang baru lebih baik?

Ketika ada jejaring sosial yang baru, pengguna Facebook dan G+ tidak benar-benar melihat banyak perbedaan. Sama seperti Facebook, apapun yang kita posting akan muncul di beranda. Posting, gambar, link, dan lain-lain akan muncul sesuai dengan tanggal.

Apa itu Google+ Hangouts?

Jika kita menyukai video call dengan orang melalui internet, kemungkinan kita akan menyukai Google+ Hangouts. Walaupun Facebook memperkenalkan video call dengan Skype, akan tetapi kebanyakan pengguna jejaring sosial kurang terkesan. Google+ Hangouts memungkinkan kita untuk membuat “room” sendiri untuk bertatap muka secara langsung dengan orang yang berbeda atau dengan lingkaran yang berbeda.

Ada banyak fitur menarik dari Hangouts, seperti berbagi link dan group video sharing. Setiap orang yang berbeda di “room” dapat menonton video yang sama secara bersama-sama pada layar Hangouts.

Keluhan utama G+ Hangouts bukan tool itu sendiri, melainkan waktu respon yang lambat yang disebabkan dari komputer yang lambat atau koneksi internet yang tidak stabil, tapi secara keseluruhan sosial jejaring ini ditata dengan baik dan user friendly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *