Pahami! Ini Dia Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook

fb-bsnss

Entrepreneur dalam internet tentu familiar dengan strategi bisnis dalam social media. Mereka terus menerus merancang strategi yang lebih baik untuk mencapai target market. Namun, ada beberapa tantangan di sini. Meskipun kita memahami potensi social media untuk menaikkan traffic, brand awareness, lead generation, dan tentunya penjualan, para internet marketers seringkali dibingungkan dengan berbagai tugas dan beban kerja. Mengelola imej dalam berbagai situs media terkadang menjadi tugas yang rumit untuk dijalankan.

Tidak ada rumus rahasia yang akan membuatmu sebagai ahli social media dalam semalam, namun kamu bisa memulainya dengan mengoptimalkan performa dalam satu pilihan  platform jejaring sosial. Misalnya kamu memilih Facebook. Banyak calon konsumen potensial yang (tentunya) ‘berkeliaran’ dalam Facebook, tapi kamu tak kunjung ‘menangkap’ mereka. Bisa jadi kamu kurang memahami waktu yang tepat untuk memposting kontenmu dalam profil Facebook, who knows?

Untuk itu kamu bisa mencoba sebuah studi. Dalam jangka waktu 30 hari, fokuslah menggunakan Facebook untuk memasarkan dan mempromosikan bisnismu. Tak diragukan lagi bahwa Facebook merupakan salah satu jejaring online yang terbesar, sehingga jika kamu melakukan sedikit saja perubahan dalam aktivitas Facebook, tentu akan sangat berarti untuk bisnismu.

Fakta-fakta Posting Facebook yang Hardcore

Industri financial sering membicarakan tentang market timing, begitu juga dengan social media, kamu harus benar-benar memahami pentingnya social timing saat akan posting. Untungnya, banyak perusahaan yang sudah mempelajari tren timing Facebook dan mengakses tool analisis Insightnya. Seperti yang kita tahu bahwa perusahaan, terutama bisnis online tak punya jam buka/tutup, mereka terus beroperasi selama 24/7 dengan jangkauan global. Meskipun begitu, kita masih bisa meneliti beberapa kecenderungan perilaku user berdasarkan zona waktu masing-masing:

  • Rata-rata CTR (clik-through-rate) tertinggi berada antara pukul 1 siang hingga 4 sore, puncaknya berada pada hari Rabu pada jam 3 sore
  • Waktu paling buruk untuk posting adalah akhir pecan, baik sebelum jam 8 pagi—dan setelah jam 8 malam
  • Menambahkan konten foto atau gambar mampu meningkatkan engagement – mendapat ‘Likes’ lebih banyak sebesar lima puluh persen dan dua kali lipat komentar.

Apakah kamu ingin mengejar tingkat shared dari kontenmu? Jika begitu, buat postinganmu muncul pada pukul 1 siang. Orang-orang biasanya memiliki mood yang baik pada waktu ini, dan meskipun mungkin mereka tidak terlalu paham detail kontenmu, mereka sudah mampu menyebarkan konten tersebut minimal ke rekan kerja dan teman-teman mereka.

Meskipun kamu akan mendapat klik paling banyak di hari Rabu, jangan lupakan hari Kamis dan Jumat untuk user engagement yang optimal. Orang-orang biasanya membutuhkan 12-24 jam untuk pemanasan , yang diindikasikan tejadi kenaikan sebesar 6-7% dari hari Senin hingga Rabu. Index “Happiness” Facebook sepuluh persen lebih tinggi pada hari Jumat dibandingkan selama sisa minggu kerja.

Lalu bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi strategi Facebook? Ternyata, kamu bisa mencoba memposting materi baru selama periode jam makan siang. Biasanya mereka menjadi agak lamban setelah setengah hari bekerja dan makan siang. Pada periode ini biasanya banyak orang yang menggunakan Facebook untuk hiburan agar lebih bersemangat dan mengikuti perkembangan berita sebelum kembali bekerja. Ini dapat menjadi waktu ideal untuk berinteraksi dengan mereka melalui konten marketing.

Lalu mengapa kita tak sebaiknya memborbardir posting di akhir pekan hingga hari Senin? Kemungkinannya para usermu tidak akan membuka Facebook di akhir pekan. Biasanya mereka akan OFF dari semua jejaring sosial untuk beraktivitas di luar ruangan bersama keluarga, mengurus rumah, dan sebagainya.

Kamu mungkin saat ini mempertimbangkan untuk men-schedule postinganmu atau menggunakan jasa manager social media marketing untuk mengelola brandmu di Facebook. Yang pasti jangan pernah lupa untuk memonitor fitur INSIGHT dalam Facebook Fan Page untuk menganalisis waktu dan hari terbaik untuk posting ke audiensmu yan lebih spesifik.

Mengetahui waktu terbaik untuk posting terhadap kesuksesan kampanye sama pentingnya dengan konten kampanye itu sendiri. Bisa jadi perbedaan yang sangat besar jika sedikit saja meleset. Dengan adanya social media, telah menjadi bagian vital dari bisnis modern. Selalu review jadwal postingmu agar bisa menjangkau target audiens yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *