Panduan Menggunakan cPanel untuk Pemula

Website-Traffic

Jika Anda menyiapkan sebuah website sendiri untuk pertama kalinya, maka Anda perlu menggunakan cPanel. Masalahnya, cPanel bisa sangat membingungkan jika Anda belum pernah menggunakannya. Yang lebih buruk lagi, begitu banyak panduan menggunakan cPanel di internet namun ditulis bagi orang-orang ahli yang sudah memahami tentang cPanel. Padahal tidak semua orang memiliki tingkat pemahaman yang sama. Untuk mengatasi hal ini, kami akan memberikan panduan yang mudah dalam menggunakan cPanel untuk pemula.

Apa itu cPanel?

cPanel adalah online Control Panel yang dapat digunakan untuk mengatur website, membuat email account dan banyak hal lainnya seperti instalasi script. Sebagian besar perusahaan hosting menggunakan cPanel untuk membantu pelanggan mengelola situs web mereka. Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan cPanel adalah :

–          Menghubungkan nama domain ke hosting

–          Menyiapkan email untuk situs

–          Meng-Install WordPress (atau sistem manajemen konten lain)

–          Mem-Back up website

–          Mengunggah berkas

–          Memeriksa penggunaan bandwidth Anda

Selain yang disebutkan di atas, ada lebih banyak lagi kegunaan cPanel seperti mengubah pengaturan keamanan, memeriksa analisis situs web Anda dan menginstal aplikasi pembantu.

Bagaimana Cara LogIn cPanel?

Jika ini adalah pertama kalinya Anda login, maka penyedia hosting harus menyediakan username dan password yang Anda butuhkan. Kebanyakan perusahaan hosting memiliki link ke cPanel setelah Anda masuk ke akun hosting.

Bagaimana Jika Membutuhkan Bantuan Lebih Lanjut?

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih, cPanel memiliki banyak dokumentasi yang tersedia pada setiap halaman cPanel internal. Hal ini bisa memberikan info bagi pemula seperti Anda untuk menggunakan cPanel.

Pengenalan Antarmuka cPanel

Beberapa fitur yang Ada di cPanel :

–          Search Bar

Di bagian atas cPanel tepat di bawah bar navigasi terdapat bar pencarian (Search Bar) yang dapat Anda gunakan untuk menemukan informasi dengan cepat. Cukup mengetik apa yang Anda harapkan, dan cPanel akan menemukannya untuk Anda!

–          Navigation Bar

Di sudut kanan atas layar terdapat bar navigasi yang berisi Search Features, Account Management, Notification dan LogOut.

–          Sidebar

Sepanjang sisi kiri layar Anda, akan terdapat sidebar dengan empat ikon. Dari atas ke bawah, adalah Home, Statistics, Dashboard dan User Management.

Memperbarui Preferensi Anda

Ketika Anda login ke cPanel untuk pertama kalinya, pastikan Anda mengunjungi bagian Preferensi untuk memperbarui informasi kontak dan mengubah password Anda. Kami sangat menyarankan mengubah password setidaknya sekali setiap 3 bulan untuk melindungi situs Anda terhadap hacking. Untuk mengubah password, Anda bisa masuk kedalam fitur “Password & Security”. Salah satu hal paling penting yang harus dilakukan di cPanel adalah menyediakan email (tidak melekat pada nama domain hosting) di mana Anda dapat menerima update jika perlu. Anda dapat melakukannya melalui fitur “Contact Information”.

Mengatur Nama Domain

Untuk menambahkan nama domain ke cPanel Anda, maka Anda harus klik “Add on Domains” di bagian domain. “Add on Domain” adalah sesuatu yang baru, dimana Anda dapat menggunakan domain yang unik untuk membuat website. Hal ini juga berarti Anda dapat membuat beberapa nama domain dari panel kontrol yang sama.

Masih banyak panduan lainnya agar Anda dapat bekerja dengan cPanel. Dengan beberapa panduan di atas, kami harap bisa dimengerti dan memudahkan pekerjaan Anda. Jika Anda memerlukan bantuan lebih untuk menggunakan cPanel, sebaiknya konsultasikan kepada pengembang web sebelum melakukan hal yang lebih jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *