Strategi Marketing: 3 Langkah Mudah Membuat Bisnis-mu Terkenal!

strategi marketing

Jika Anda memiliki sebuah startup atau bisnis kecil dengan sumber daya yang terbatas, sangat penting untuk memaksimalkan setiap sumber daya yang ada, terutama untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Pemasaran bisa menjadi sangat mahal, tapi masih ada kesempatan besar untuk mengembangkan pasar tanpa harus bergantung pada pinjaman bank. Jadi, selagi Anda sedang mempersiapkan kampanye pemasaran, tidak ada salahnya mencoba salah satu dari tiga cara sederhana berikut ini untuk membantu menjangkau audiens Anda sebelum memasang ikla atau menyiapkan strategi pemasaran utama.

1. Menjadi PR agency sendiri

Memasang iklan berbayar atau menyewa Public Relation (PR) agency bisa sangat mahal, tapi hal ini bisa benar-benar gratis jika menggunakan taktik yang tepat.

Koran, televisi, radio dan blog terus-menerus mencari konten yang relevan untuk audiens mereka. Kebanyakan editor atau jurnalis akan bersedia berbicara dengan startup dan pemilik bisnis kecil. Mereka benar-benar menikmati berbicara dengan pemilik bisnis atau manajer sebuah perusahaan, sehingga mereka bisa mendapatkan cerita langsung dan mengajukan pertanyaan lebih lanjut yang diperlukan. Dalam banyak kasus, Anda aka menjadi subjek wawancara dalam cerita atau post mereka, ini adalah cara untuk mendapatkan berita langsung dari sumber. Namun, pastikan bahwa Anda memahami dasar-dasar melakukan wawancara dengan media sebelum memulainya. Ada banyak kursus cepat dan artikel yang dapat membantu Anda memaksimalkan waktu berbicara dan merumuskan jawaban yang cepat dan sempurna.

2. Buat kontes dan penghargaan

Kompetisi lokal adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran tentang perusahaan Anda, karena itu akan memberikan Anda audiens baru. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menarik perhatian media bahwa kontes tersebut menarik. Media senang dengan kisah sukses dan press releases tentang penghargaan yang diberikan untuk konten yang berharga dan relevan di seluruh kontes. Itu bisa menjadi eksposur! Misalnya, finalis Small Business BC Awards telah ditampilkan pada Global News, The Vancouver Sun, The Globe and Mail and Forbes Magazine, hanya untuk beberapa nama. Jangan lupakan media sosial, di mana tweet dan update Facebook dari host, sponsor, peserta konten, voters dan semua media pendukung lainnya untuk bisnis Anda.

Eksposur tidak hanya menciptakan kesadaran merek untuk target pasar Anda, tetapi juga membantu mencuri perhatian calon investor dan mentor untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

3. Libatkan komunitas dengan konten yang relevan

Konten yang relevan menghasilkan percakapan yang secara alami dapat menarik audiens baru untuk bisnis Anda. Konten yang bersifat pribadi dan relevan dapat memicu lebih banyak keterlibatan dibanding konten bermerek. Dengan berbagi konten yang menarik bagi kehidupan orang-orang di luar layanan Anda, audiens akan lebih mungkin untuk berbagi, like, atau bekomentar di blog atau post media sosial yang dapat meningkatkan jangkauan Anda. Ada banyak cara untuk mendorong lebih banyak keterlibatan dengan konten Anda. Memberikan pertanyaan di setiap akhir post, menjawab komentar atau pertanyaan pengguna dan memanfaatkan hashtag yang unik adalah semua teknik bisa Anda gunakan.

Hashtag juga merupakan cara yang bagus untuk memantau tren. Anda bisa menggunakannya untuk penelitian topik atau event tertentu dan melihat apakah itu relevan dengan target pasar Anda. Anda juga bisa menggunakannya untuk memantau seberapa baik konten Anda melawan kompetisi yang ada.

Jadi, sekaranglah waktu yang tepat untuk mengatur ulang kembali anggaran pemasaran Anda. Ingat, bahwa selalu ada cara untuk menekan biaya pemasaran sembari tetap meningkatkan kesadaran merek Anda. Mungkin ambil beberapa brainstorming kreatif atau melangkah keluar dari zona nyaman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *