Twitter Analytics: Sebuah Panduan Untuk Marketer

Twitter Analytics merupakan strategi yang dapat memberitahu para marketer atau pemasar jika usaha yang telah dilakukan di Twitter membuahkan hasil. Jika dalam usahanya mereka tidak menemukan hasil maksimal, maka Twitter Analytics akan memberikan wawasan tentang apa yang perlu ditingkatkan dalam usaha.

Analytics sendiri mengacu pada data dan statistik yang mengukur kinerja usaha pemasaran di sosial media. Data atau statistik tersebut dapat berupa jumlah likes, retweet, tweet, maupun reply. Ini adalah contoh dari jenis metriks yang memberikan pengetahuan tentang bagaimana konten sosial media Anda bekerja.

Manfaat Menggunakan Twitter Analytics

  1. Mempelajari Tentang Audiens Anda

Semakin baik Anda mengetahui tentang audiens Anda di Twitter, akan semakin mudah untuk meningkatkan keterlibatan mereka. Untungnya, ada banyak data tentang orang-orang yang menjadi followers Anda di Twitter. Dalam Tweet activity dashboard, Anda bisa melihat demografi, minat, lokasi, dan bahkan kepentingan umum dari orang-orang yang menjadi followers Anda. Mengetahui mengenai minat audiens merupakan hal utama karena kategori untuk minat dapat cukup spesifik. Katakanlah 77% dari audiens Anda tertarik dengan musik. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadikan musik menjadi salah satu media promosi sosial Anda yang berikutnya. Setelah Anda mengetahui tentang audiens, selanjutnya Anda perlu berbagi konten yang relevan dengan audiens. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan.

  1. Memposting Pada Saat Terbaik

Ketika kami mengatakan untuk memposting pada saat terbaik, yang kami maksud adalah ketika orang-orang dapat melihat konten Anda dan menghasilkan keterlibatan dari konten yang Anda posting. Semakin banyak orang-orang yang melihat tweet Anda, semakin banyak kesempatan yang ada untuk meningkatkan keterlibatan, mengarahkan traffic (lalu lintas website), dan mendapatkan followers baru yang potensial.

Jadi, bagaimana kita dapat mengetahui waktu terbaik untuk memposting di Twitter? Satu hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah mengenai geografi. Twitter Analytics dapat menunjukkan dimana sebagian besar followers Anda hidup di seluruh dunia. Pada Tweet activity dashboard, ini ditunjukkan melalui daftar negara dan daerah. Setelah Anda mencari tahu dimana sebagian besar followers Anda berasal, Anda dapat mengupload konten ketika mereka benar-benar sedang online dan Anda dapat berbagi berita yang relevan dengan daerah mereka.

  1. Meniru Kesuksesan Anda

Twitter Analytics akan menunjukkan tweets mana yang bekerja dengan baik. Metriks ini disajikan dalam bentuk grafik batang atau grafik pola yang sederhana. Pada platform Twitter itu sendiri, tweet activity dashboard akan menawarkan untuk melihat tweets mana yang terbaik dalam 28 hari terakhir, minggu lalu, maupun bulan-bulan sebelumnya. Anda dapat menganalisis data tersebut dan menggunakannya untuk membuat konten yang lebih menarik bagi audiens Anda. Dengan kata lain, Anda bisa meniru kesuksesan dari konten Anda yang sebelumnya.

Apa Yang Dapat Anda Ukur Dengan Twitter Analytics?

Anda dapat mengukur berbagai tindakan dari followers, pilihannya meliputi:

  • Detail expands: Berapa banyak orang yang meng-klik tweet Anda untuk melihat lebih detail
  • Embedded media clicks: Berapa banyak orang yang meng-klik foto atau video dalam tweet
  • Engagements: Jumlah pengguna yang berinteraksi dengan tweet Anda. Ini dapat berasal dari retweets, reply, likes, link, hashtags, username, dan sebagainya
  • Engagement Rate: Jumlah keterlibatan berdasarkan dari tayangan
  • Follows: Berapa banyak pengguna yang mengikuti Anda langsung dari tweet
  • Impressions: Waktu yang dihabiskan pengguna dalam timeline atau hasil pencarian
  • Link clicks: Jumlah klik pada URL atau Card di tweet
  • User profile clicks: Jumlah klik pada nama atau foto profil dari penulis tweet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *